» » » Jelang Penilaian Akreditasi, RSUD Bitung Undang Tim KARS

Jelang Penilaian Akreditasi, RSUD Bitung Undang Tim KARS

Penulis By on Selasa, Desember 11, 2018 |

Direktur RSUD Bitung Pitter Lumingkewas saat memaparkan program pelayanan RS. Foto Ivan

METRO BITUNG-Empat dokter Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) diketuai dr. Agung Gunarto Sp. S. MM melakukan survey penilaian akreditasi terhadap RSUD Manembo-nembo Kecamatan Matuari Kota Bitung. Selasa (11/12/2018) pukul 8:00 Wita.


Kunjungan tim KARS ini disambut langsung oleh direktur RSUD Bitung Pitter Lumingkewas bersama jajaran RSUD, diiringi tarian Kabasaran.


dr. Agung Gunarto Sp. S. MM ketika diwawancarai menjelaskan, tujuan dari survei, pertama melihat dan membawa pulang data, harapan kami akrditasi ini mudah dan menyenangkan," Ada 15 item yang dinilai Tim KARS, jelas yang menjadi penilaian prioritas tim KARS yaitu tentang pelayanan terhadap hak dan kewajiban pasien, muda-mudahan dapat hasil yang menyenangkan sesuai yang diharapkan," katanya.


 dr. Agung Gunarto Sp. S. MM

Sementara itu, direktur RSUD dr Pitter Lumingkewas mengatakan, status akreditasi RSUD Bitung saat ini dengan status tingkat dasar. Menurutnya Akreditasi ini, sangat penting, karena akreditasi adalah pengakuan terhadap pelayanan RS secara nasional.


"Kalau akreditasinya lulus, artinya pelayanannya sudah standart nasional. Makanya kita upayakan akreditasi di tahun ini," ungkap Lumingkewas.


Iapun berharap, mudah-mudahan dengan bantuan dan dukungan dari semua pihak semoga RSUD Bitung lulus akreditasi tahun ini," harap , seraya menyebutkan pihaknya, telah menyiapkan segala syarat untuk menempuh akreditasi ini.


Adapun kajian SNARS 2018 edisi 1 kata Pitter adalah,
1. Sasaran Keselamatan Pasien (SKP)
2. Akses ke Rumah Sakit dan Kontinuitas (ARK)
3. Hak Pasien dan Keluarga (HPK)
4. Asesmen Pasien (AP)
5. Pelayanan Asuhan Pasien ( PAP)
6.Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB)
7.Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO)
8.Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE)
9. Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)
10. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
12. Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS)
13. Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK)
14.Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKF)
15. Manajemen Informasi dan Rekam Medik (MIRM).

“Juga ada Program Nasional (menurunkan kematian KIA, menurunkan keskitan HIV/AIDS dan TB, pengendalian resistensi mikroba dan pelayanan geriatri) dan Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan Rumah Sakit (IPKP),” katanya. (Ivan)




Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya