» » » TAHUN 2019 DISTANAK MINUT GODOK PERDA LP2B

TAHUN 2019 DISTANAK MINUT GODOK PERDA LP2B

Penulis By on Rabu, Desember 12, 2018 |


METRO MINUT.  Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui  Dinas Pertanian dan Peternakan targekan Tahun 2019 mendatang Peraturan Daerah (  PERDA ) Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan ( LP2B ) harus selesai disusun dan diperdakan.

Komitmen ini disampaikan Ir. Wangke Karundeng, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa Utara dalam sosialisasi LP2B tingkat Kabupaten Minut.

Ditambahkannya, Perda LP2B sangat penting dan segerah direalisasikan sesuai dengan amanat UU 41/2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Target perlindungan adalah lahan sawah jangan sampai berobah fungsi menjadi kawasan permukiman atau pembangunan fisik lainnya yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Nantinya kedepan, oleh Pemerintah Pusat dalam memberikan bantuan pertanian akan dikucurkan apabila daerah tersebut telah memiliki Perda LP2B. Perda inilah yang akan dijadikan acuan pemerintah Pusat untuk menghitung berapa besar bantuan akan diberikan.

Selain itu, Perda ini menjadi dasar bagi Dinas PUTR dan ATR/BPN dalam penyusunan Perda Revisi Tata Ruang dan rekomendasi pengembangan wilayah di Minut.

Sosialisasi yang dilaksanakan di ruang serbaguna Kantor Distanak Minut, turut memberi materi dari Kantor ATR/BPN Minut, Dinas PU Tata Ruang , Camat se Minut dan Dinas Pertanian Propinsi Sulut.(jansen)
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya